ac mobil

AC Mobil Dimatikan Saat Mematikan Mesin, Perlukah?

ac mobil 
 

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa melakukan ritual mematikan AC mobil saat hendak mematikan maupun menyalakan mesin mobil.

Saat akan menyalakan mesin, AC mobil dalam kondisi mati dianggap dapat mengurangi beban kerja aki dalam memutar mesin. Namun, apakah kebiasaan ini perlu untuk dilakukan?

“Kebiasaan menonaktifkan AC mobil sebelum menghidupkan maupun mematikan mobil sebenarnya hanya berlaku pada mobil-mobil tahun produksi tua. Untuk mobil diatas tahun 2000, rasanya tidak perlu dilakukan, mengingat teknologi pada mobil sekarang sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyalurkan tenaga listrik secara efisien,” ujar Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Workshop Department, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Iwan menambahkan bahwa dalam buku pedoman pemilik kendaraan sebenarnya juga tidak diharuskan untuk melakukan hal tersebut.

“Kebiasaan tersebut kemungkinan hanyalah mitos yang didapat dari pengalaman orang dulu saja,” tutupnya. Jadi, masih mau mengikuti kebiasaan orang zaman dahulu?

Kebiasaan mematikan AC mobil saat mematikan mesin mobil dan AC mobil dalam keadaan mati ketika menghidupkan mobil memang merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak dulu. Apakah Anda salah satu yang menjalankan kebiasaan ini? Sepertinya hampir semua pengendara melakukannya ya.

Namun, tahukah kamu jika penggunaan AC mobil juga termasuk pemborosan energi? Sebenarnya ada solusi untuk meminimalisir penggunaan AC mobil dengan cara sederhana yang mungkin Anda belum tahu. Penambahan aksesoris seperti kaca film adalah kuncinya.

Baca juga: Hemat Listrik Dengan Kaca Film

Kaca film merupakan aksesoris mobil favorit para pecinta otomotif dalam usahanya untuk menolak panas dalam kabin. Kaca film umumnya mampu menolak energi matahari seperti radiasi ultraviolet hingga 99%, bahkan ada juga yang mampu menolak radiasi inframerah (panas) hingga 99%.

Baca juga: Kaca Film Cegah Kanker Kulit

Penolakan radiasi ultraviolet lebih pada antisipasi dalam mencegah penyakit seperti kanker kulit atau katarak dan juga pemudaran warna. Sedangkan penolakan inframerah merupakan penolakan energi panas yang dapat kita rasakan.

Baca juga: Manfaat Kaca Film Bagi Pengendara

Kaca film memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi pengendara. Selain bermanfaat sebagai penolak panas dan efek merugikan lain yang bersumber dari matahari, kaca film dapat menjaga privasi ketika berkendara tergantung dengan tingkat kegelapannya. Tidak hanya itu, kaca film juga dapat menahan serpihan pecahan kaca apabila terjadi kecelakaan atau benturan sehingga meminimalisir dampak buruk yang didapat.

 

Disunting dari: Fajar Anjungroso – tribunnews.com

 

Associated web: Iceberg/Maxpro/Spectrum/Indium (Agni Sentral Motor)

Share Is Caring
Back To News